Apa itu e-commerce ?
E-commerce atau elektronik commerce adalah model bisnis dimana teknologi internet menjadi dasar dalam jual beli. E-commerce menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik.
Contoh e-commerce di Indonesia yang paling mudah di temui adalah Lazada.co.id yang menjual produk dari produsen kepada konsumen melalui wadah lazada.co.id.
Lazada sendiri tidak membeli produk langaung, melainkan melakukan konsinyasi dengan para pemilik produk.
Lazada sendiri tidak membeli produk langaung, melainkan melakukan konsinyasi dengan para pemilik produk.
Contoh e-commerce internasional adalah Amazon.com perusahaan inilah embrio dari e-commerce di dunia. Alibaba dan lazada adalah contoh perusahaan yang mengikutinya.
Amazon awalnya adalah perusahaan penjual buku, dari para pemilik buku sang pemilik website Amazon menjualkan buku keseluruhan penjuru dunia. Pada saat itu bisnis online tidak semeriah sekarang, dan Amazon sekarang menjadi E-commerce terbesar di dunia saat ini.
Amazon awalnya adalah perusahaan penjual buku, dari para pemilik buku sang pemilik website Amazon menjualkan buku keseluruhan penjuru dunia. Pada saat itu bisnis online tidak semeriah sekarang, dan Amazon sekarang menjadi E-commerce terbesar di dunia saat ini.
Faktor pendukung e-commerce adalah :
1. Cakupan yang luas
2.proses transaksi cepat
3. Mendorong kreativitas penjual
4. Efisiensi
5. Akurat
2.proses transaksi cepat
3. Mendorong kreativitas penjual
4. Efisiensi
5. Akurat
Jenis-jenis transaksi e-commerce adalah
1. Business to business
2. Business to consumer
3. Consumer to consumer
4. Non business elektronic consumer
5. Intrabusiness elektronic commerce
1. Business to business
2. Business to consumer
3. Consumer to consumer
4. Non business elektronic consumer
5. Intrabusiness elektronic commerce
Berikut penjelasan singkat tentang e-commerce yang ada.
No comments