4 P pada Bisnis Online
Hal yang sama juga berlaku bagi bisnis online. Anda harus tetap memiliki kemampuan yang cukup tentang 4p dan aplikasinya di dunia daring. Kemampuan merencanakan produk agar laku di pasaran jga harus Anda miliki, meskipun tidak harus sesempurna bisnis luring. Berikut ini beberapa perbedaan cara menangani 4P di dunia luring dengan 4P di dunia daring.
1. Produk (product)
Produk yang banyak di minati masyarakat dan laku di pasaran adalah produk yang tidak hanya mementingkan fungsinya,tetapi juga kualitasnya. Produk yang memiliki kualitas tinggi dapat dijual dengan harga tinggi,begitu juga sebaliknya. Memproduksi produk berkualitas harus memperhatikan sumber daya manusia,peralatan,serta kemampuan pekerja yang handal. Produk yang berkualitas dihasilkan melalui proses yang berkualitas pula. Itulah sebabnya,untuk menciptakan produk yang berkualitas diperlukan biaya yang relatif lebi9h tinggi di bandingkan dengan produk berkualitas standar.
Proses produkis di dunia daring,yang menghasilkan produk atau jasa,dapat dilakukan tanpa biaya atau gratis. Selain produk-produk yang biasa yang dipasarkan di dunia luring,produk di dunia daring dapat pula berupa informasi. Menciptakan produk yang berupa informasi tidak membutuhkan biaya yang besar,bahkan bisa gratis. Menghasilkan produk informasi yang berkualitas tinggi dalam dunia daring dapat di pelajari dan di buat oleh siapa pun asalkan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup tentang dunia daring. Jadi, biaya pembuatan produk di dunia daring relatif murah, bahkan bisa gratis atau tanpa biaya sama sekali.
2. Harga (price)
Menentukan harga sebuah produk di dunia luring bukanlah persoalan yang sepele, namun melalui perhitungan-perhitungan dengan memperhitungkan banyak aspek, seperti harga pokok produksi, biaya sewa mesin, biaya pajak, dan sebagainya biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menentukan harga juga relative tinggi
Sementara itu, penentuan atau pembuatan harga produk atau jasa dalam dunia daring tidak serumit didunia luring. Produk yang diciptakan adalah produk-produk hasil karya kreatif( dan karna itu disebut industry kreatif) yang tidak harus diperhitungkan secara detail. Namun demikian, proses penentuan harga juga dapat dilakukan juga usaha online (daring) berkaitan dengan jasa, seperti web portal yang berisi tentang informasi-informasi. Biaya yang dibutuhkan dalam penentuan harga relative kecil, bahkan bisa gratis.
3. Promosi (Promotion)
Promosi di dunia luring banyak di gunakan oleh perusahaan dengan cara memasang iklan di multimedia seperti televisi dan media cetak seperti Koran. Promosi juga dilakukan dengan mengadakan events,seperti pameran-pameran. Promosi yang paling sering digunakan adalah pemasangan spanduk,banner,dan leaflet di tempat-tempat yang strategis. Dapatdikatakan, perusahaan akan mengeluarkan biaya yang relatif tinggi untuk dapat meraih target yang diinginkan.
4. Tempat( place)
Tempat dalam dunia daring bisa didapatkan dengan cara membeli atau membeli berupa domain, bisa pula Cuma-Cuma atau gratis berupa subdomain. Tempat didunia daring, baik domain maupun subdomain, dapat didesain menjadi strategis dengan menggunakan tips dan trik tertentu. Jika anda memiliki domain dan dapatmembuat subdomain, itu seperti anda memiliki kantor pusat dan memiliki kantor cabang . Jika anda mempunyai subdomain yang menginduk kepada website pemberilayanan subdomain seperti blogspot, wordpress, dan lain lain sebagainya anda seperti memiliki toko atau usaha mandiri. Biaya yang dibutuhkan untuk memiliih tempat di dunia daring relative murah, bahkan bisa gratis.
Implementasi ibisnis online berbeda sekali dengan pemasaran luring. Hal ini karena media dan konsepnya berbeda, dan karena itu cara melakukannya berbeda. Cara dan metode membuat produk dan menetapkan harga, melakukan promosi ,serta memilih tempat di dunia daring bersifat terukurdanterarah. Terukur artinya siapapun dapat melihat dan mengecek langsung via internet, terarah artinya acara yang pasti untuk melakukan semua hal tentang pemasaran.
1. Produk (product)
Produk yang banyak di minati masyarakat dan laku di pasaran adalah produk yang tidak hanya mementingkan fungsinya,tetapi juga kualitasnya. Produk yang memiliki kualitas tinggi dapat dijual dengan harga tinggi,begitu juga sebaliknya. Memproduksi produk berkualitas harus memperhatikan sumber daya manusia,peralatan,serta kemampuan pekerja yang handal. Produk yang berkualitas dihasilkan melalui proses yang berkualitas pula. Itulah sebabnya,untuk menciptakan produk yang berkualitas diperlukan biaya yang relatif lebi9h tinggi di bandingkan dengan produk berkualitas standar.
Proses produkis di dunia daring,yang menghasilkan produk atau jasa,dapat dilakukan tanpa biaya atau gratis. Selain produk-produk yang biasa yang dipasarkan di dunia luring,produk di dunia daring dapat pula berupa informasi. Menciptakan produk yang berupa informasi tidak membutuhkan biaya yang besar,bahkan bisa gratis. Menghasilkan produk informasi yang berkualitas tinggi dalam dunia daring dapat di pelajari dan di buat oleh siapa pun asalkan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup tentang dunia daring. Jadi, biaya pembuatan produk di dunia daring relatif murah, bahkan bisa gratis atau tanpa biaya sama sekali.
2. Harga (price)
Menentukan harga sebuah produk di dunia luring bukanlah persoalan yang sepele, namun melalui perhitungan-perhitungan dengan memperhitungkan banyak aspek, seperti harga pokok produksi, biaya sewa mesin, biaya pajak, dan sebagainya biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menentukan harga juga relative tinggi
Sementara itu, penentuan atau pembuatan harga produk atau jasa dalam dunia daring tidak serumit didunia luring. Produk yang diciptakan adalah produk-produk hasil karya kreatif( dan karna itu disebut industry kreatif) yang tidak harus diperhitungkan secara detail. Namun demikian, proses penentuan harga juga dapat dilakukan juga usaha online (daring) berkaitan dengan jasa, seperti web portal yang berisi tentang informasi-informasi. Biaya yang dibutuhkan dalam penentuan harga relative kecil, bahkan bisa gratis.
3. Promosi (Promotion)
Promosi di dunia luring banyak di gunakan oleh perusahaan dengan cara memasang iklan di multimedia seperti televisi dan media cetak seperti Koran. Promosi juga dilakukan dengan mengadakan events,seperti pameran-pameran. Promosi yang paling sering digunakan adalah pemasangan spanduk,banner,dan leaflet di tempat-tempat yang strategis. Dapatdikatakan, perusahaan akan mengeluarkan biaya yang relatif tinggi untuk dapat meraih target yang diinginkan.
Sementara itu, promosi di dunia daring dilakukan dengan menggunakan search engine optimization (SEO) serta memanfaatkan alat-alat yang ada di internet yang bisa didapatkan dengan mudah. Dalam implementasinya, promosi di dunia daring berbeda dengan dunia luring. Namun, teori-teori yang digunaka kurang lebih sama ; adanya senyuhan teknologi informasilah yang membuatnya sedikit berbeda. Promosi di dunai daring membutuhkan biaya yang relatif murah, bahkan bisa gratis.
4. Tempat( place)
Didunia luring, lokasi perusahaan dalam hal ini tempat usaha yang strategis sangat menentukan tercapai atau tidaknya target perusahaan. Tempat yang yang strategis akan membuat konsumen merasa dimanjakan. Tempat yang termasuk kategori strategis antara lain dipinggirjalan, lokai yang representative dan dipusat keramaian. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan tempat atau lokasi yang strategis itu relative tinggi.
Tempat dalam dunia daring bisa didapatkan dengan cara membeli atau membeli berupa domain, bisa pula Cuma-Cuma atau gratis berupa subdomain. Tempat didunia daring, baik domain maupun subdomain, dapat didesain menjadi strategis dengan menggunakan tips dan trik tertentu. Jika anda memiliki domain dan dapatmembuat subdomain, itu seperti anda memiliki kantor pusat dan memiliki kantor cabang . Jika anda mempunyai subdomain yang menginduk kepada website pemberilayanan subdomain seperti blogspot, wordpress, dan lain lain sebagainya anda seperti memiliki toko atau usaha mandiri. Biaya yang dibutuhkan untuk memiliih tempat di dunia daring relative murah, bahkan bisa gratis.
Implementasi ibisnis online berbeda sekali dengan pemasaran luring. Hal ini karena media dan konsepnya berbeda, dan karena itu cara melakukannya berbeda. Cara dan metode membuat produk dan menetapkan harga, melakukan promosi ,serta memilih tempat di dunia daring bersifat terukurdanterarah. Terukur artinya siapapun dapat melihat dan mengecek langsung via internet, terarah artinya acara yang pasti untuk melakukan semua hal tentang pemasaran.
No comments