Pengertian Bisnis Online
Bisnis daring (dalam jaringan) atau bisnis online adalah bisnis yang dalam proses produksi, distribusi, pemasaran, penjualan, dan pengiriman barang dan jasa menggunakan teknologi informasi yang terintegrasi. Bisnis daring atau online saat ini banyakdiminati oleh masyarakat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin modern. (Catatan: Dalam buku ini, istilah daring(dalam jaringan) dan online digunakan bergantian. Keduanya memiliki arti yang sama. Demikian juga istilah luring (luar jaringan) dan offline.
Berkembangnya informasi saat ini membuat para produsen, baik yang menghasilkan produk maupun jasa, untuk beralih dari model bisnis luring(luar jaringan) atau offline ke bisnis modern atau daring. Jarak tidak lagi menjadi persoalan karena pesatnya perkembangan teknologi informasi. Hal ini menuntut para produsen agar semakin memperhatikan pentingnya bisnis online demi pencapaian tujuan yang masksimal.
Namun demikian, banyak yang belum mengetahui pemasaran bisnis daring dengan benar, yang membuat beberapa perusahaan belum dapat menggunakan secara optimal. Berbeda dari bisnis luring, bisnis daring sebenarnya memungkinkan siapapun, bukan hanya orang yang memiliki perusahaan, untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis daring bisa dilakukan oleh individu-individu, di mana pun, kapan pun dengan modal memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup serta terhubung dengan jaringan internet.
Jadi, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui sistenm komputer darig yang interaktif yang menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Jasa daring komersial adalah jasa pelanggan yang membayar iuran bulanan (Kotler, 2001).
Itulah juga sebabnya, bisnis online sering pula disebut bisnis internet atau pemasaran berbasis internet, yaitu penggunaan internet dan teknologi digital yang berhubugan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep bisnis modern (Chaffey: 2000). Teknolog ini termasuk media internet dan media digital lain, seperti cable dan satelit serta hardware dan software, yang memungkinkan pengoperasian dan penggunaannya.
Internet sebagai alat komunikasi memiliki peran penting untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Komunikasi menggunakan internet lebih fleksibel karena mampu memaksimalkan waktu kerja, dari waktu kerja efektif yang biasanya hanya 8 jam menjadi 24 jam nonstop. Bisnis melalui media internet mampu mendekatkan jarak yang jauh menjadi dekat tanpa harus bertemu secara fisik.
Siapapun bisa sukses di dunia luring jika menguasai 4P dalam pemasaran/marketing (Four Ps of Marketing) Four Ps of Marketing yang dimaksud adalah Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), dan Place (Tempat). Usaha anda akan berhasil jika mampu menangani 4p dengan benar , sehingga produk menjadi terjual sesuai dengan target penjualan yang telah ditetapkan. Menciptakan kondisi yang ideal dengan menguasai 4P dalam usaha tentunya tidak mudah. Hal tersebut mensyaratkan kemampuan dan penguasaan tentang seluk-beluk pemasaran, baik teori maupun aplikasinya. Implementasinya pun bukan tanpa kendala.
Berkembangnya informasi saat ini membuat para produsen, baik yang menghasilkan produk maupun jasa, untuk beralih dari model bisnis luring(luar jaringan) atau offline ke bisnis modern atau daring. Jarak tidak lagi menjadi persoalan karena pesatnya perkembangan teknologi informasi. Hal ini menuntut para produsen agar semakin memperhatikan pentingnya bisnis online demi pencapaian tujuan yang masksimal.
Namun demikian, banyak yang belum mengetahui pemasaran bisnis daring dengan benar, yang membuat beberapa perusahaan belum dapat menggunakan secara optimal. Berbeda dari bisnis luring, bisnis daring sebenarnya memungkinkan siapapun, bukan hanya orang yang memiliki perusahaan, untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis daring bisa dilakukan oleh individu-individu, di mana pun, kapan pun dengan modal memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup serta terhubung dengan jaringan internet.
Jadi, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui sistenm komputer darig yang interaktif yang menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Jasa daring komersial adalah jasa pelanggan yang membayar iuran bulanan (Kotler, 2001).
Itulah juga sebabnya, bisnis online sering pula disebut bisnis internet atau pemasaran berbasis internet, yaitu penggunaan internet dan teknologi digital yang berhubugan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep bisnis modern (Chaffey: 2000). Teknolog ini termasuk media internet dan media digital lain, seperti cable dan satelit serta hardware dan software, yang memungkinkan pengoperasian dan penggunaannya.
Internet sebagai alat komunikasi memiliki peran penting untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Komunikasi menggunakan internet lebih fleksibel karena mampu memaksimalkan waktu kerja, dari waktu kerja efektif yang biasanya hanya 8 jam menjadi 24 jam nonstop. Bisnis melalui media internet mampu mendekatkan jarak yang jauh menjadi dekat tanpa harus bertemu secara fisik.
Siapapun bisa sukses di dunia luring jika menguasai 4P dalam pemasaran/marketing (Four Ps of Marketing) Four Ps of Marketing yang dimaksud adalah Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), dan Place (Tempat). Usaha anda akan berhasil jika mampu menangani 4p dengan benar , sehingga produk menjadi terjual sesuai dengan target penjualan yang telah ditetapkan. Menciptakan kondisi yang ideal dengan menguasai 4P dalam usaha tentunya tidak mudah. Hal tersebut mensyaratkan kemampuan dan penguasaan tentang seluk-beluk pemasaran, baik teori maupun aplikasinya. Implementasinya pun bukan tanpa kendala.
No comments